Sabtu, 30 November 2013

Resume kelompok 6 " arti penting kepemimpinan dalam organisasi "

  Masalah mengenai kepemimpinan diantaranya adalah mendefenisikan kepemimpinan, mengeksplorasi perbedaan-perbedaan antara seorang pemimpin dan manajer dan mendiskusikan sumber-sumber wewenang pemimpin.penulis akan membahas mengenai ciri-ciri, prilaku, dan teori kontijensi efektivitas kepemimpinan serta mendiskusikan tipologi kepemimpinan dalam organisasi. Pada bagian akhir penulis membahas mengenai pendekatan-pendekatan kepemimpinan baru terhadap lingkungan kerja pada zaman sekarang ini.

Teori klasik gaya kepemimpinan mengemukakan, pada dasarnya di dalam setiap gaya kepemimpinan terdapat 2 unsur utama, yaitu unsur pengarahan (directive behavior) dan unsur bantuan (supporting behavior). Dari dua unsur tersebut gaya kepemimpinan dapat dikelompokkan menjadi 4 kelompok, yaitu otokrasi (directing), pembinaan (coaching), demokrasi (supporting), dan kendali bebas (delegating).

Tipe kepemimpinan dalam organisasi

1. Adaptif
2. Kecerdasan emosional
3. Karismatik
4. Authentic
5. “Level  5 leader”
6. Mindful leader
7. Narsisme
8.  ”No-excuse” leadership
9. Menular
10. Melayani
11. Storyteller
Fungsi kepemimpinan pada dasarnya menyangkut dua hal pokok, yakni:

(1) fungsi yang berkaitan dengan tugas yang disebut fungsi pemecahan masalah
(2) fungsi pemeliharaan kelompok yang disebut fungsi sosial


Langkah pengambilan keputusan bervariasi,  meskipun demikian secara umum meliputi :
1.     Merumuskan masalah
2.     Merumuskan hasil yang diharapkan

3.     Mengembangkan pilihan penyelesaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar