Jumat, 29 November 2013

Kanker yang menyerang anak-anak

Bukan cuma orang dewasa yang bisa terkena kanker. Anak-anak pun tak luput dari penyakit paling ditakuti ini. Jenis kanker yang paling sering ditemukan pada anak, adalah leukemia atau kanker darah.

Setiap tahun, sekitar 3.000 anak berusia 15 tahun ke bawah terdiagnosa menderita leukemia. Tingginya angka penderita leukemia membuat orangtua khawatir. Kanker darah ini terjadi ketika sum-sum tulang memproduksi sel darah putih (leukosit) secara berlebihan.

Sebagian sel darah putih itu berubah sifat menjadi ganas. Akibatnya, sel darah putih yang seharusnya menjadi tentara untuk melindungi tubuh, justru menekan trombosit (keping darah) dan eritrosit (sel darah merah). Karena mengalir bersama darah, sel darah putih menyebar termasuk ke otak, gusi, kulit, tulang, hati, limpa dan testis. Serangan sel darah putih yang mengganas itu bisa dilihat sebagai gejala.

Dokter Ahli Kandungan dan Kebidanan dari Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Erwinsyah Harahap mengatakan, leukemia adalah penyakit yang disebabkan karena jumlah sel darah putih (leukosit) yang berlebihan.

“Sel darah putih akan memakan sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh dan keping darah yang berperan dalam proses pembekuan darah,” jelas Erwinsyah saat media edukasi Bank Darah Tali Pusat di Jakarta, Rabu (15/5).

Menurutnya, penyakit leukemia tak mengenal usia. Kebanyakan penderita adalah anak-anak. Di Indonesia, ada sekitar 60 persen penderita leukemia sudah memasuki stadium lanjut.

Dia menyarankan, orangtua untuk mewaspadai gejala penyakit tersebut sejak masa kecil anak. Di antaranya, perdarahan di hidung seperti mimisan, perdarahan gusi, panas tanpa sebab dan mudah mengalami memar.

Ditambah, adanya bintik merah dan coklat tua pada tubuh mirip demam berdarah, berat badan menurun dan lemas disertai denyut jantung yang cepat, sakit pada tulang atau lambung dan wajah terlihat pucat. “Jika ada gejala seperti ini, 90 persen adalah kanker darah atau leukemia,” katanya.

Mengenai pengobatan medis, menurutnya, penyakit leukemia bisa diobati atau dicegah dengan metode stem cell atau pengambilan darah dari tali pusat bayi. Metode tersebut, diklaim mampu mengobati penyakit leukemia, tumor padat, kelainan kekebalan tubuh dan metabolisme, kelainan darah tidak ganas serta penyakit degeneratif lainnya.

“Sampai saat ini, baru dua penyakit yang mampu diobati dengan
stem cell. Yaitu, leukemia dan thalassemia. Penyimpanan darah tali pusat dapat memberikan alternatif pengobatan di masa depan untuk anak dan keluarga,” terangnya.

Direktur Laboratorium Regional Cordlife Andrew Ekaputra menjelaskan, stem cell sangat penting dilakukan karena memiliki kemampuan dalam mengganti dan meregenerasi kerusakan genetika dan beberapa penyakit yang berkaitan dengan kelainan darah.

Bahkan beberapa penelitian menyebutkan, peluang penggunaan darah tali pusat untuk diri sendiri terbilang kecil, hanya 1:100.000. Para ahli juga berpendapat, menyimpan darah tali pusat disarankan untuk mereka yang memiliki riwayat penyakit kelainan darah atau bayi dengan kelahiran prematur.

Menurut Prof Dr Bambang Permono, dokter spesialis anak dari RS Dr Soetomo, Surabaya, orangtua mesti curiga dan waspada jika anak menunjukkan gejala-gejala tersebut.

Untuk memastikannya, kata Bambang, sebaiknya dilakukan pemeriksaan darah tepi untuk mengetahui jumlah haemoglobin, leukosit dan trombosit. Selain itu, perlu diperiksa sumsum tulang belakang. Sebab, harapan hidup pasien leukemia kini sudah lebih dari 50 persen.

“Kalau ditemukan sejak dini, harapan sembuh sangat besar. Ada pasien saya yang didiagnosa leukemia sejak usia 4 tahun bisa sembuh dan sekarang sudah dewasa memiliki dua anak,” katanya.

Tinggi rendahnya harapan hidup pasien, jelas Bambang, ditentukan oleh dua hal. Yakni, penemuan kanker pada stadium awal, serta kepatuhan pasien dalam pengobatan. Pengobatan utama leukemia bisa ditempuh lewat kemoterapi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar