Jumat, 29 November 2013

Indonesia

 Republik Indonesia disingkat RI atau Indonesia adalah negara diAsia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau.Dengan populasi sebesar 259 juta jiwa pada tahun 2010, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, meskipun secara resmi bukanlah negara islam. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah Republik, dengan dewan Perwkilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Presiden yang dipilih langsung. Ibukota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Ninkobar di India. 


1. Indonesia tambang emas terbaik di dunia

     
 Indonesia merupakan tambang emas berkualitas di dunia. Masih ingatkah kita dengan PT Freeport yang mengeksplor tambang emas kita di Papua? Sekedar informasi saja pertambangan ini telah menghasilkan 7,3 JUTA ton tembaga dan 724,7 JUTA ton emas. Dan jika diuangkan jumlah tersebut dengan harga per gram emas sekarang, hasilnya anggap menjadi Rp. 300.000. dikali 724,7 JUTA ton emas/724.700.000.000.000 Gram dikali Rp 300.000. = Rp.217.410.000.000.000.000.000 Rupiah. Nah bayangkan saja betapa berharganya tambang emas itu dan berhasil membawa dunia melirik negeri kita yang sangat kaya emas ini. Namun sangat disayangkan ketika yang mengelola tambang ini bukan pemerintah kita melainkan Amerika. Pantas saja negeri kita ini sangat miskin sedangkan negeri lain sangat kaya karena menguras kekayaan kita.


2. Kapal buatan PT PAL salah satu yang terbaik di dunia




    

            Kapal Double Skin Bulk Carrier (DSBC) Erlyne 50.000 Dead Weight Tonnage (DWT) produksi PT PAL Indonesia termasuk salah satu kapal terbaik di dunia untuk kelas kapal berbobot mati 50.000 ton. Kapal yang juga dikenal dengan nama "Star 50" sepanjang 189,840 meter dan lebar 30,50 meter ini sepenuhnya hasil rancang bangun putra-putri Indonesia.
             Kapal DSBC Erlyne 50.000 DWT dirancang untuk memenuhi persyaratan operasi dan didesain dengan menggunakan kelas Det Norske Verits (DNV Class). Menurut Direktur PT PAL Indonesia Harsusanto, dari desain, kecepatan Kapal DSBC Erlyne 50.000 DWT memiliki kecepatan maksimal 14,5 knot. Tapi, setelah diuji coba di lautan, kecepatan maksimalnya bisa mencapai 16,5 knot.Kapal jenis niaga ini adalah pesanan Azurite Invest Ltd, British Virgin ILand, Singapura . Kapal DSBC Erlyne 50.000 DWT adalah kapal kesembilan dari kapal kelas DSBC yang berhasil diekspor ke sejumlah negara. Beberapa negara yang pernah mengimpor kapal jenis ini adalah Hongkong (empat unit) , Jerman (dua unit), Turki (dua unit), dan Singapura (satu unit).


3. Indonesia dengan Batik di dunia





   Batik adalah kain khas asli dari negara kita. Batik sudah ada sejak kerajaan jaman dulu di Indonesia , dimana dulu batik merupakan kesenian/kerajinan kebudayaan keluarga kerajaan, terutama di pulau jawa. Disini kita dapat berbangga hati karena seorang Desainer batik Nusjirwan Tirtaamidjaja (Iwan Tirta) karya-karya batiknya disukai dan dipakai oleh beberapa kepala Negara seperti Ratu Elozabeth II, Ratu Sophie dari Spanyol, Ratu Juliana dari Belanda bahkan Bill Clinton. Ini sangatlah hal yang membanggakan dimana para petinggi negara menggunakan warisan budaya asli Indonesia. Dan seharusnya kita sebagai warga Indonesia harus bangga menggunakan batik dalam kegiatan sehari-hari. Karena itu akan menjadi identitas kita sebagai warga negara Indonesia.


4. Knalpot Mobil Mercedes Benz buatan Indonesia
 




              Industri knalpot mobil yg berada di Purbalingga, di percaya menjadi pemasok produsen Mercedes Benz karena dinilai punya kualitas baik. Luar biasa sekali bukan hasil buatan negara kita ini ikut menyumbang pembuatan mobil termewah di dunia saat ini. Hal ini diungkapkan oleh Agus Adi Atmaja seorang pengrajin knalpot di desa Patemon, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga.Agus mengatakan, perusahaan mobil mewah asal Jerman tersebut memesan sebanyak 1.000 unit knalpot buatannya. Pemesanan sejak 2004 untuk masa kontrak satu tahun. Setiap unit knalot, kata dia, terdiri dua buah bagian. Harga per uni, sesuai kontrak, Rp 2 juta.Menurut pria 40 tahun ini, pihak Mercy juga sudah menghubungi lagi dan menyatakan hendak memesan knalpot sebanyak 1.000 unit untuk mobil seri terbarunya.Namun keputusan Mercedes untuk memakai knalpot made in Purbalingga tentunya disebabkan karena mutu yang tidak kalah dengan merek-merek knalpot terkenal lainnya.


5. Indonesia punya Bali 




               Siapa yang tidak mengenal Pulau Bali. Pulau yang memiliki pemandangan alam yang indah dan eksotis sangat menarik minat wisatawan luar negeri untuk datang mengunjungi Pulau Bali. Wisatawan asing beramai-ramai datang ke Indonesia untuk sekedar melakukan refreshing sejenak dari segala aktivitas. Tidak heran setiap kita pergi ke Bali, turis selalu kita jumpai di pulau ini. Bahkan artis-artis Hollywood sempat berkunjung liburan ke Pulau Bali seperti Katy Perry, David Beckham, Paris Hilton, Justin Bieber dan Selena Gomez, Ashton Kutcher, Jessica Simpson, Julia Robert ( yang sempat membintang film berjudul " Eat, Pray, & LOve" yang juga menampilkan keindahan Pulau Bali ), dan masih banyak lagi.


6. Soekarno dengan " Go to hell with your aid " kepada Amerika Serikat




               Ini salah satu bentuk ketegasan presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno yang berani dengan lantang berkata " Go to hell with your aid!! " kepada Amerika. Mengapa Soekarno berkata demikian? Itu merupakan bentuk kekesalan beliau akibat Amerika yang ingin memusnahkan paham komunis. Dan juga karena Amerika dinilai tidak adil dalam pembagian bantuan-bantuan layaknya minyak bumi dan sebagainya yang justru menimbulkan efek hutang luar negeri Indonesia bertambah. Tindakan itu sangat mengguncang dunia. Bagaimana tidak negera kita yang saat itu masih negara baru istilahnya masih membutuhkan bantuan negara-negara besar malah menantang negara besar seperti Amerika. Soekarno beralasan bahwa Indonesia tidak butuh bantuan negara lain. Indonesia kaya emas, minyak bumi, rempah-rempah, dan sebagainya yang cukup membuat rakyatnya sejahtera. Ya seandainya Soekarno masih ada mungkin PT Freeport gak berhasil mengambil emas kita di Papua. -_-


7. Indonesia dengan keanekaragaman hayati nya
 





             Indonesia sangat kaya akan flora dan faunanya. Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia, Indonesia menempati peringkat teratas di dunia untuk keanekaragaman terbesar palem (palmaceae) di dunia, peringkat teratas di dunia untuk keanekaragaman terbesar meranti-merantian (dipterocarpus) di dunia lebih dengan lebih dari 400 spesies. Total spesies paku atau pakis yang diketahui hampir 10.000, diperkirakan 3.000 di antaranya tumbuh di Indonesia. Lebih dari 82% dari 92 genera and 5,000 spesies bambu ada di Indonesia.
peringkat pertama di dunia untuk kekayaan spesies mamalia dengan 646 jenis mamalia (12% dari mamalia dunia) 36% di antaranya adalah endemik. Juga menempati peringkat pertama juga untuk kupu-kupu Swallowtail, total 121 spesies telah diidentifikasi dan 44 persen adalah endemik. peringkat ketiga untuk reptil yang lebih dari 600 spesies, peringkat keempat untuk burung dengan 1.603 spesies 28% endemik (17% spesies burung di dunia), peringkat kelima untuk hewan amfibi (270 spesies), dan peringkat ketujuh untuk tumbuhan berbunga (spermatophyte) dengan sekitar 25.000 spesies tanaman berbunga (10% spesies didunia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar